Minggu, 10 April 2011

Tower Air (Menara Air)

Sebuah menara air adalah sebuah kontainer penyimpanan air besar yang ditinggikan yang dibangun untuk menampung persediaan air pada tinggi yang cukup untuk memberi tekanan pada sistem distribusi air.

Pemberian tekanan terjadi melalui peninggian air; untuk setiap ketinggian 10.20 sentimeter (4,016 in), air memberi tekanan sebesar 1 kilopascal (0,145 psi). Ketinggian 30 m (98,43 kaki) menghasilkan tekanan sebesar 300 kPa (43,511 psi), tekanan yang cukup untuk mengoperasikan dan memenuhi persayaratan sistem distribusi dan tekanan air domestik.

Banyak menara air dibangun selama Revolusi Industri; sebagian di antaranya sekarang dianggap sebagai markah tanah dan monumen arsitektural, dan tidak boleh diruntuhkan. Sebagian lainnya diubah menjadi apartemen atau griya tawang eksklusif.
Di daerah tertentu, seperti New York City di Amerika Serikat, menara air yang lebih kecil dibangun untuk bangunan individu.

Sebuah menara air adalah struktur yang dirancang untuk mengadakan reservoir air dan juga untuk membantu menjaga tekanan air dalam sistem air kota. menara air telah digunakan selama berabad-abad untuk menahan pasokan air, dan mampu menyediakan air bahkan dalam hal terjadi kegagalan power outage atau pompa, karena mereka ditinggikan, yang berarti bahwa air di menara air akan menekan pipa-pipa dengan bantuan gravitasi .

Banyak daerah menggunakan menara air sebagai sistem penyediaan air cadangan untuk memastikan bahwa masyarakat memiliki akses ke air, dan sebagian besar kota-kota kecil dapat menyimpan hingga satu hari air di menara air mereka.
Untuk setiap kaki di atas tanah, sebuah menara air yang mampu menghasilkan lebih banyak tekanan. Biasanya, sebuah menara air yang dipasang di tanah dinaikkan, dan tangki menara diangkat untuk meningkatkan tekanan potensial. Di kota kecil, sebuah menara air tunggal dapat menekan air yang cukup untuk memasok air ke seluruh kota.

Di kota-kota besar, gedung-gedung tinggi swasta kadang-kadang menggunakan menara air untuk memasok penyewa mereka, karena sistem air kota tidak bertekanan cukup untuk mendapatkan air ke lantai atas di masa puncak permintaan. Ketika digunakan dalam kombinasi dengan sistem air perkotaan, kemampuan pressurizing sebuah menara air yang melayani dua fungsi utama.

Fungsi pertama adalah menjaga tekanan konstan dalam sistem, dan mencegah munculnya tekanan negatif situasi. Negatif tekanan mampu menyedot air tanah atau sumber lain dari polusi ke dalam pasokan air, mencemari kota air. Sebuah kota dengan menara air, bagaimanapun, dapat yakin bahwa saluran air bertekanan akan sepenuhnya setiap saat, menjaga air aman untuk diminum. Di beberapa daerah, sebuah menara air harus melekat pada sistem air kota karena alasan ini.

Sebuah menara air dapat menyalurkan air pada periode puncak permintaan yang relatif mudah, sementara pompa mungkin memiliki kesulitan.Dengan menggunakan pompa dan menara air, kota bisa menghemat biaya di pompa oleh pemompaan untuk permintaan rata-rata. Ketika tuntutan untuk air melampaui kemampuan pompa, menara air tendangan untuk pasokan air lebih banyak.. Ketika pompa menyediakan air lebih dari kota kebutuhan, seperti yang sering terjadi pada malam hari, kelebihan mengisi menara air sehingga siap untuk periode berikutnya permintaan puncak.

Sebuah menara air adalah perangkat yang sangat sederhana. Meskipun menara air datang dalam segala bentuk dan ukuran, mereka semua melakukan hal yang sama: Sebuah menara air hanyalah sebuah tangki, tinggi besar air. Sebagai contoh, mengambil menara air yang ditunjukkan di sebelah kanan. Ini adalah tentang 165 kaki (50 meter) tinggi.
menara air yang tinggi untuk memberikan tekanan.

Setiap kaki tinggi memberikan 0,43 PSI (pound per Inch persegi) tekanan. Sebuah pasokan air khas kota berjalan di antara 50 dan 100 PSI (peralatan utama memerlukan setidaknya 20 sampai 30 PSI). Menara air harus cukup tinggi untuk memasok bahwa tingkat tekanan untuk semua rumah dan usaha di bidang menara. Jadi menara air biasanya terletak di tempat tinggi, dan mereka cukup tinggi untuk memberikan tekanan yang diperlukan..

Di daerah berbukit, menara kadang-kadang dapat digantikan oleh sebuah tangki sederhana yang terletak di bukit tertinggi di daerah tersebut.

A di-tanah normal kolam renang di halaman belakang rumah seseorang mungkin memegang sesuatu seperti galon 20.000 atau 30.000 (yang banyak air!), Dan sebuah menara air yang khas mungkin terus 50 kali jumlah! Biasanya, tangki menara air adalah ukuran untuk menampung sekitar satu hari air bagi masyarakat yang dilayani oleh menara.

Jika pompa gagal (misalnya, selama kegagalan daya), menara air memiliki cukup air untuk menjaga hal-hal mengalir selama sekitar sehari.

Salah satu keuntungan besar dari sebuah menara air adalah bahwa hal itu memungkinkan ukuran kota pompa untuk rata-rata daripada permintaan puncak. That can save a community a lot of money. Yang bisa menyelamatkan masyarakat banyak uang.

Mengatakan bahwa konsumsi air untuk rata-rata stasiun pompa 500 galon air per menit (atau 720.000 galon selama sehari). Akan ada waktu pada hari ketika konsumsi air jauh lebih besar dari 500 galon per menit. Misalnya, di pagi hari, banyak orang bangun pada waktu yang sama (katakanlah 07:00) untuk pergi bekerja.

Mereka pergi ke kamar mandi, mandi, sikat gigi, dll Kebutuhan air mungkin puncak pada 2.000 galon per menit pada pukul 7 pagi – ada perbedaan biaya yang besar antara 500-pompa galon per menit dan 2.000 – galon-per-menit pompa. Karena menara air, kotamadya dapat membeli pompa 500-galon-per-menit dan membiarkan menara air menangani permintaan puncak. Pada malam hari, ketika permintaan biasanya jatuh ke praktis nol, pompa dapat membuat perbedaan dan isi ulang menara air.

Di kota-kota besar, orang minum air yang berasal baik dari sumur, sungai atau reservoir (biasanya sebuah danau lokal). Air diperlakukan di sebuah pabrik pengolahan air untuk menghilangkan sedimen (dengan filtrasi dan / atau menetap) dan bakteri (biasanya dengan ozon, sinar ultraviolet dan klorin).

Output dari pabrik pengolahan air jelas, air bebas kuman. A-angkat pompa air tinggi pressurizes dan mengirimkannya ke sistem primer feeder pipa air tersebut. Menara air yang melekat pada pengumpan primer cukup sederhana, seperti ditunjukkan pada diagram ini:
Gamabar

Jika pompa memproduksi lebih banyak air daripada sistem kebutuhan air, kelebihan mengalir secara otomatis ke dalam tangki. Jika masyarakat menuntut lebih banyak air dari pompa dapat pasokan, maka air mengalir keluar dari tangki untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Fungsi
Menara air datang dalam segala bentuk dan ukuran. Ambil contoh, ini persik raksasa di sepanjang I-85 di Gaffney, South Carolina.

Dalam kota, gedung-gedung tinggi sering perlu untuk memecahkan masalah tekanan air mereka sendiri. Karena bangunan yang begitu tinggi, mereka sering melebihi ketinggian bahwa tekanan air di kota itu bisa menangani. Jadi gedung tinggi akan memiliki pompa sendiri dan menara air sendiri. Pada gambar berikut, diambil dari Empire State Building di New York City, setidaknya ada 30 menara air kecil terlihat di puncak gedung-gedung.

Fakta lain yang menarik tentang menara air – mereka dapat mempengaruhi tingkat asuransi Anda! Selama api, permintaan air meningkat secara signifikan dan sangat mungkin melebihi kapasitas pompa di pabrik air.. Sebuah menara air menjamin bahwa akan ada tekanan yang cukup untuk menjaga air yang mengalir melalui hidran kebakaran.. tingkat asuransi kebakaran biasanya lebih rendah di masyarakat di mana sistem air menara air.

Lain kali Anda berada di luar mengemudi sekitar, terutama jika Anda sedang mengemudi melalui serangkaian kota-kota kecil, meluangkan waktu untuk melihat menara air. Sekarang Anda tahu bagaimana mereka bekerja, Anda akan kagum dengan berapa banyak Anda melihat dan oleh semua bentuk yang berbeda yang mereka ambil!

Fakta Air Tower
Untuk pilot kecil, pesawat pribadi, menara air sangat membantu karena:
• Mereka besar.
• Mereka ditinggikan, membuat mereka mudah untuk melihat dari pesawat .
• Semua kota-kota kecil memilikinya.
• Kota-kota kecil yang cukup baik untuk cat nama kota di hampir setiap menara!

sumber :

http://id.wikipedia.org/

http://www.wisegeek.com/what-is-a-water-tower.htm

http://www.howstuffworks.com/water.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar