Minggu, 10 April 2011

WORKSHOP FISIKA KELAS XI ILMU ALAM TAHUN 2010/2011

1. Latar Belakang
*Workshop atau “bengkel kerja” ini dimaksudkan untuk mempersiapkan siswa kelas XI jurusan IPA untuk lebih mapan dalam menghadapi pelajaran Fisika.
*Bengkel kerja memadukan keterampilan dasar dan pengetahuan Fisika disertai keterampilan dan kemampuan teknologi informasi dan komunikasi

2. Tujuan Workshop
*Menggabungkan pemahaman dasar tentang Fisika yang lebih lanjut (dibandingkan pengetahuan kelas awal) dengan pengetahuan informasi dan komunikasi.
*Meningkatkan kemampuan dan pemahaman siswa kelas XI IPA mengenai dasar-dasar Fisika dan keterampilan laboratorium yang diterapkan ke dalam aspek kehidupan sehari-hari serta dapat diaplikasikan secara sederhana hingga kompleks.

3. Rangkaian Kerja Workshop
*Presentasi mengenai materi ajar kelas XI semester 1 dan semester 2.
*Pemahaman konten Fisika kelas XI yang dimanipulasi dan dipadatkan serta dipadupadankan dengan materi yang korelatif (terkait) dengan konten tersebut.
*Diskusi dan tanya jawab mengenai paparan deskripsi dan eksposisi materi fisika yang terkait.
*Kerja kelompok, tugas individual maupun presentasi perorangan atau kelompok mengenai konvergensi atas diskusi dan tanya jawab materi ajar Fisika.
*Presentasi dan tugas mandiri mengenai refleksi pemahaman materi Fisika yang akan dipelajari dan untuk dikembangkan sesuai keunikan dan kompetensi individual siswa.
*Penguatan dan penajaman peminatan setiap siswa terkait dengan materi fisika yang akan dipelajari dalam tahun pelajaran 2010/2011.

4. Hasil Akhir yang diharapkan
*Siswa kelas XI IPA dapat menyimpulkan dan “memeras” intisari pelajaran Fisika kelas XI ke dalam pemahamannya masing-masing.
*Siswa mampu memadankan pengetahuan dasar Fisika serta keterampilan TIK dalam pengolahan kerja dan proses belajar Fisika.
*Siswa terbiasa menggunakan metode self learning by reflecting, self-hipnotizing, self-motivation, dan inner motivation untuk menunjang keberhasilan belajar Fisika khususnya dan juga mata pelajaran terkait lainnya.
*Siswa kelas XI terbiasa menggali informasi melalui media internet dan mengkomunikasikannya kepada guru fisika melalui blog fisikarudy.com.
*Siswa kelas XI terbiasa menghadapi beban dan tugas yang diberikan disertai kompetisi untuk menuntaskannya dengan wajar.
*Siswa kelas XI memiliki motif dan prinsip yang kuat dalam belajar untuk mencapai keberhasilan individual serta berprestasi setinggi-tingginya.
*Siswa kelas XI tidak hanya terbiasa bekerja dalam tim, tetapi juga mampu menjadi dinamisator kelompok maupun dapat tampil mandiri dengan penuh tanggung jawab.
*Siswa kelas XI mampu mendeskripsikan cita-cita dan tujuan belajarnya untuk masa depannya sendiri.
*Siswa kelas XI mampu mengetahui kekuatan maupun kelemahan dirinya untuk mencapai prestasi yang sudah direncanakan.
*Siswa kelas XI menjadi siswa yang mandiri dan mampu mencapai taraf internasional karena upaya dan tekad baja.
*Siswa kelas XI adalah siswa yang tahan uji, tangguh, memiliki tekad kuat, pantang menyerah, tidak mundur sebelum mencoba, berani bertindak dengan penuh perhitungan, mampu mengambil risiko yang sudah diperhitungkan, selalu belajar dan menggali informasi sebanyak-banyaknya, tidak pernah puas dengan hasil yang telah dicapai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar